Cara Mengecek Spesifikasi Laptop

Cara mengecek spesifikasi laptop baru

Saat membeli laptop baru yang belum ada software OS yang terinstall, kamu tetap bisa mengecek spec/ spesifikasi laptop tersebut tanpa menggunakan software lain, tetapi dengan menekan tombol F2 sesaat setelah menyalakan laptop atau saat tampilan petunjuk tombol dan logo vendor muncul. Dengan menekan tombol F2 kamu mengakses BIOS (Basic Input/Output System), yang di dalamnya berisi informasi mengenai prosessor, RAM, Harddisk, Boot, dll. Meskipun demikian, untuk beberapa merek laptop tertentu, tampilan informasi di BIOS-nya tidak men-detail. Dan juga, tidak semua merek laptop menggunakan tombol F2 untuk mengakses BIOS.

 

1x1.trans Cara Mengecek Spesifikasi LaptopCara mengecek spec/spesifikasi laptop melaui BIOS

Acer : F2 - Tampilan informasi spec di Bios laptop Acer ada jenis prosessor, harddisk, dan bila

ditekan arah kanan/ke menu setelahnya maka akan terlihat total memory RAM dan video memori.

Asus : F2 - Dalam Bios-nya tidak terlihat video memory dan untuk harddisk dapat dilihat di menu boot,sementara yang lainnya kurang lebih sama dengan Acer.

Dell : F2 – Dell, di biosnya, memang informasinya lengkap. Tapi untuk VGA tidak terlihat. Saat mengakses Bios, pertama kali yang muncul langsung spesifikasinya dari atas sampai bawah, dimulai dari prosessor, jenis DDR RAM, hardsisk,dll.

Tambahan: untuk mengecek deadpixel kamu bisa tekan tombol “D” yang lama baru tombol power, sehingga tampilan monitor bergonta-ganti warna.

HP/Compaq : F10 – Tampilan informasi harddisk tidak terlihat. Tapi ada cara lain untuk melihat kapasitas harddisk pada laptop HP/Compaq yang belum ada OS. Yaitu masuk ke tampilan DOS-nya, lalu di bawah ada “C:” (jika tidak terlihat, tekan Enter beberapa kali sehingga berpindah ke bawah)> ketik fdisk, pilih “Y”> Enter, pilih “4″ > Enter. Maka akan terlihat jumlah kapasitas harddisk, memang tidak pernah sesuai antara yang di brosur dengan di laptop itu sendiri,mungkin berbeda beberapa Megabyte, jadi jangan kaget.

Sony Vaio : F2 – Namun, akhir-akhir ini mengakses BIOS dengan tombol F2 sudah tidak bisa lagi.

Dari www.sony-asia.com, dijelaskan bahwa untuk mengakses BIOS adalah dengan menekan tombol Assist saat laptop dalam keadaan off, muncul tampilan VAIO Care Rescue Mode, lalu pilih start BIOS setup.

Fujitsu : F2

Toshiba : F2

Lenovo : F2

Cara mengecek spesifikasi laptop yang sudah di-install windows

- Klik kanan My Computer>klik Properties

Tampilan berupa jenis Windows, Prosessor, RAM, System Type (64/32 bit), Windows activation.

Untuk mengetahui kapasitas harddisk klik My Computer.

-Tekan tombol Windows+R atau Klik Start>Run>ketik “dxdiag”

-Klik Start> pilih All Program> pilih folder Accessories> pilih folder System Tools> Klik System information

Software-software untuk mengecek spesifikasi laptop

Kamu juga dapat mengetahui informasi mengenai hardware secara keseluruhan dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti:

1x1.trans Cara Mengecek Spesifikasi Laptop

CPU-Z – Cek CPU, Memory, Motherboard

http://www.cpuid.com/softwares/cpu-z.html

HWiNFO – Complete List!

http://www.hwinfo.com/

HWMonitor – Cek Temperatur CPU, HDD, Battery, dll

http://www.cpuid.com/softwares/hwmonitor.html

Speccy dari Piriform

Cek brand dan model processor, total kapasitas dan kecepatan harddisk, jumlah memori (RAM), graphics card, operating system.

http://www.piriform.com/speccy

Giliran kamu, bagaimana cara mengecek spesifikasi laptop saat membeli laptop baru? Ceritakan pengalamanmu di kolom bawah dan jangan lupa klik Like/share juga ya!
Download-6-Ebook-Komputer-Laptop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>