3 Cara Menambah Startup Program di Windows 7/8/8.1/10

Kamu ingin menambah Startup Program ?

Untuk alasan tertentu mungkin Kamu ingin menambah sebuah program pada sistem StartUp Windows. Misalnya, supaya Kamu tidak perlu ribet mengklik untuk menjalankan program yang ingin langsung digunakan saat komputer sudah hidup.

Bagi Kamu yang belum tahu sebelumnya, apa itu Startup Program, saya coba kasih tahu dulu. Startup Program merupakan program yang sudah disetting untuk berjalan (running) otomatis ketika komputer atau laptop baru dinyalakan dan booting Windows.

Penggunaan Startup program di Windows sebaiknya harus selektif. Maksudnya, bila jumlah program startup terlalu banyak bisa jadi akan menyebabkan komputer atau laptop menjadi lemot.

 

Baca juga cara mengoptimalkan startup program untuk menigkatkan kinerja komputer atau laptop.

Tutorial Cara Mengatasi Komputer/Laptop Lemot

 

Beberapa macam program, ada yang menambahkan diri sendiri langsung menjadi program startup saat diinstal. Contohnya seperti aplikasi printer, Internet Download Manager, Antivirus (memang seharusnya masuk Satrtup untuk keamanan komputer), dan masih banyak lagi.

 

Kembali ke topik cara menambah startup program Windows.

Dari yang saya tahu ada beberapa cara untuk menambahkan program menjadi program startup atau langsung running otomatis saat komputer baru masuk Windows. Di bawah ini saya coba jelaskan satu-satu…

 

 

Pengaturan Startup Di System Configuration

Biasanya untuk pengaturan startup program, Kamu bisa akses System Configuration. Di sana Kamu bisa atur program yang mana saja untuk untuk start pada startup komputer.

Tapi itu hanya terbatas pada program yang sudah ada pada list program yang startup.

Caranya, klik checkbox untuk menambah program startup yang diinginkan pada daftar program di Menu Startup System Configuration.

>>Baca juga :  Cara Mencari, Download, dan Install/Uninstall Driver Bluetooth di Laptop Bag. 3

Sementara, untuk cara akses System Configuration adalah dengan tekan tombol Windows+R lalu ketik “msconfig”, kemudian klik OK. Masuk ke pengaturan Startup Program dengan klik Menu Startup.

cara-menambah-startup-program-msconfig
Tampilan System Configuration

 

Oh ya, di Windows 8, 8.1, 10, untuk pengaturan Startup program ada di Task Manager. Cara aksesnya adalah dengan klik kanan Task Bar lalu pilih Start task Manager.

Untuk membuat program berjalan saat startup adalah dengan klik program yang ada pada menu Startup kemudian pilih Enable.

Task_Manager_enable

 

Tambahan…

Jangan lupa menambahkannya juga di Pengaturan Services Windows.

Ada program tertentu meskipun sudah ada di daftar startup program dan sudah running saat startup, tetapi tetap tidak bisa berjalan sempurna. Kenapa?

Karena program tersebut memerlukan service program yang aktif untuk bisa berfungsi.

Contohnya saja pada bluetooth program. Program tersebut berjalan saat startup komputer tetapi tidak bisa langsung berfungsi dengan baik. Itu karena bluetooth service-nya tidak ikut berjalan.

Bagaimana supaya service program berjalan (running)  juga saat komputer start?

  • Masuk ke Services Windows, dengan tekan tombol Windows+R lalu ketik “services.msc”, klik Ok.
  • Cari service programnya, misalnya untuk contoh adalah bluetooth.
  • Pilih service tersebut dan klik kanan, kemudian pilih Properties.
  • Nah, pada Startup type pilih Automatic supaya otomatis berjalan saat startup komputer.
cara-menambah-startup-program-services
Tampilan pengaturan Service Program

Namun, sayangnya tidak semua program ada di daftar Startup pada System Configuration. Lalu bagaimana untuk menambahkan program startup yang tidak ada di daftar tersebut?

Tenang saja, masih ada cara menambah startup program lainnya kok. Terus baca ke bawah!

 

Berikut 3 Cara Menambah Startup Program

Cara-cara yang dijelaskan di bawah ini bisa Kamu terapkan, baik untuk Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, ataupun Windows 10.

>>Baca juga :  10 Cara Screenshot di Laptop / Komputer

 

1. Menambahkannya saat instal

Beberapa program bisa Kamu tambahkan ke Startup Program pada saat diinstal. Biasanya akan ada option checkbox yang menanyakan apakah program yang diinstal tersebut akan langsung berjalan otomatis atau tidak ketika startup komputer.

Jika saat instal tidak  muncul pilihan tersebut, Kamu coba pilih Custom Install untuk meng-customize option instal, mungkin ada di sana.

 

2. Menambahkannya lewat Setting di program aplikasi tersebut

Jika tidak dengan cara di atas, baik lewat pengaturan instalasi program atau startup System Configuration, Kamu bisa menambahkan Startup Program lewat Setting atau pengaturan dalam program itu sendiri.

Contohnya seperti pada CCleaner (aplikasi pembersih file sampah).  Di bawah ini saya jelaskan tutorialnya.

  • Buka CCleaner,
  • Masuk ke menu Setting, dengan klik Options lalu pilih Setting.
  • Kemudian checkbox/ceklis pada “Run CCleaner when computer starts”.
  • Selesai, tutup CCleaner dan Kamu coba Restart untuk melihat hasilnya, apakah CCleaner bisa running saat startup komputer.
Cara-menambah-startup-program-CCleaner
Tampilan Setting CCleaner

 

Contoh lainnya adalah pada aplikasi IDM (Internet Download Manager). Lihat gambarnya di bawah ini. Checkbox yang di tandai merah “Launch Internet Download Manager on startup”. Lokasi pengaturannya ada di menu General.

startup-program-IDM
Setting Startup IDM

 

 

3. Menambah Startup Program dengan membuat Shortcut di Folder Startup

Kalau Yang ke-3 ini cara yang lebih praktis. Kamu hanya perlu membuat Shortcut dari program yang diinginkan ke Folder Startup. Bagaimana caranya, simak caranya berikut ini.

  • Klik Start Menu (Windows Orb), klik All Program lalu cari folder Startup.
  • Klik kanan folder Startup tersebut dan klik Open. Untuk alternatif cara akses folder Startup lainnya bisa cari di System C:, alamat lokasinya di sini  C:\ProgramData\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs\StartUp, untuk All User windows sementara untuk Current User lokasinya di, C:\Users\Username\AppData\Roaming\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs\Startup.
>>Baca juga :  Video Tutorial Download, Install, Uninstall Driver Bluetooth Di Laptop Windows
cara-menambah-stratup-program-Windows
Akses Folder Startup

 

 

  • Sekarang hanya tinggal membuat Shortcut program yang Kamu  ingin supaya berjalan saat startup. Caranya, klik kanan pada area kosong di jendela folder startup tersebut lalu klik New dan pilih Shortcut.
cara-menambah-stratup-program-Windows
Buat Shortcut dari program yang ingin dijalankan saat Startup Komputer

 

  • Selanjutnya cari program yang kamu inginkan dengan klik Browse. Cari yang berupa file application, misalnya di Program files, Desktop, dll.
  • Untuk contoh saya coba dengan CCleaner. Klik ikon CCleaner lalu klik Next. Lihat gambarnya di bawah ini!
cara-menambah-stratup-program-Windows
Mencari file aplikasi dari program

 

  • Buat Nama Shortcut dan klik Finish jika selesai membuat shortcut.

cara-menambah-stratup-program-Windows

 

Oke, cara menambah Startup Program dengan membuat Shortcut di Folder Startup selesai. Kamu coba tes dengan restart komputer. Apakah program yang Kamu tambahkan di Folder Startup bisa running saat startup komputer?

Baca juga :

Cara Mengatasi Flashdisk Error, Kapasitas Terisi Tapi Tidak Ada File atau Folder (Kosong)

One Reply to “3 Cara Menambah Startup Program di Windows 7/8/8.1/10”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *